Selasa, 08 Mei 2012

Mengenal Workbook dan Worksheet

 



   Secara teknis, sebuah dokument Excel bisa disebuat dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja). Secara defaut sebuah workbook Excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokument. Beberapa dokument/worksheet yang saling berhubung dapat anda kelompokan menjadi sebuah workbook. Hal ini dapat membantu anda mengenali dokument sesuai kebutuhan.

     Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti table dalam MS Word, tetapi dengan kemampuan penghitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan dari table dalam MS Word. Sebuah workbook baru terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet 1, Sheet 2, dan Sheet 3

Cell
Cell adalah persegi panjang yang terbangun menjadi sebuah spreadsheet. Cell merupakan Nomor Baris, Nomor Kolom, Nama Rage, Fungsi, Penggulung vertical dan horizontal. Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokument dengan menggulung layer vertical dan horizontal.

Column Heading
Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja sheet yang aktif. Jumlah kolom yang tersedia yaitu 256 kolom.

Cell Range
Range sel/lingkup sel adalahsebuah grup dari 2 sel atau lebih pada sebuah worksheet, sel bisa jadi berdekatan dan tidak berdekatan.

Mengenal Kolom, Baris dan Range
Setiap worksheet terdiri dari kolom dan baris. Nama kolom diawali dengan huruf A, B, C, dan seterusnya. Nama baris diawali dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris di sebuat Cell. Nama cell di tuliskan berdasarkan kolom dan baris.
Contoh:
Cell A1_ merupakan perpotongan antara kolom A dengan baris 1
Cell D4_ merupakan perpotongan antara kolom D dengan baris 4


Nama cell berguna untuk menentukan penggunaan rumus dan pengolahan data terhadap cell yang bersangkutan dengan memudahkan penulisan rumus/formula
Contoh:
Perkalian antara cell A1 dengan D4 dapat dituliskan dengan =A1*D4


Gabungan/kumpulan dari beberapa cell biasanya disebuat dengan Range
Contoh:
Range (A1:D4)_ merupakan hasil seleksi/gabungan cell A1 sampai D4
Range (D7:H10)_ merupakan hasil seleksi/gabungan cell D7 sampai H10


Range berguna untuk mendefisikan beberapa cell untuk operasi matematika ataupun statistic
Contoh:
=SUM(A1:D10)_ merupakan perintah untuk menjumlah cell pada jangkauan/range A1 sampai D10



Menambah Cell
Untuk menambahkan cell baru didalam worksheet dilakukan dengan cara: klik tab Home >pilih Kategori Cell >klik Tanda panah pilihan Insert >pilih Insert Cell> pilih salah satu opsi pilihan >Klik Ok


Menambah Kolom
Untuk menambah kolom baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara; klik tab Home >pilih Kategori Cell >klik tanda panah pilihan Insert >pilih Insert Sheet Rows




Menambah Baris
Untuk menambahkan baris baru didalam worksheet dapat dilakukan dengan cara: klik tab Home >pilih kategori Cell >klik tanda panah


Menuliskan teks dan angka dalam cell
Untuk menuliskan teks dan angka dalam sebuah cell dapat kita lakukan dengan mudah cukup dengan seleksi cell yang ingin diisikan teks/rumus dan ketikan isinya.

  • Labels adalah teks berisi keterangan seperti nama, Alamat dan keterangan lain. Untuk menuliskan data tipe ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikan teks yang akan ditampilkan.
  • Number adalah teks berupa angak seperti 30, -198, 345,5 dan sebagainya. Untuk menuliskan tipe data ini cukup dengan klik cell yang akan diisi data, kemudian ketikan angka yang akan ditampilakan. Titik penulisan karakter koma (dalam format indonesia) atau titik (dalam format ingris) medefisikan angka decima/ pecahan.
  • Tanggal dan Waktu, Excel mengijinkan penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali. Untuk menuliskan  tipe data ini cukup dengan menulikan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.    contoh : Tanggal 27/10/2008 atau 27-10-2008,  dan sebagainya. Contoh : Waktu 13:30:00
  • Formula ,Ekspresi untuk menghitung hasil numberic/teks berdasarkan rumus tertentu. Untuk menuliskan rumus/ formula dalam Excel dapat dilakukan dengan mengawali isi cell dengan karakter sama dengan (=) kemudian diikuti rumus yang diinginkan. Contoh =A3+D9 menjumlahkan A3 dengan A9

Mengubah isi Cell
Untuk mengubah isi data dari cell dapat dilakukan dengan 2 cara:
Cara 1 : Klik cell yang ingin diubah dan aktifkan formula bar dengan cara klik di area formula bar.
Cara 2 : Klik dua kali cell yang ingin diubah kemudian ganti isinya dengan yang baru
Cara 3 : Klik cell yang ingin di ubah, tekan tombol F2 pada keyboard, kemudian ganti isinya dengan yang baru




Menghapus isi dari Cell
Untuk menghapus keseluruhan isi dari cell, anda dapat lakukan dengan mengaktifkan cell tujuan kemudian tekan Delete. Sedangkan untuk menghapus data dalam sebuah range, dapat dilakukan dengan memblok cell yang akan di hapus, kemudian tekan Delete







" Semoga Bermanfaat "






Tidak ada komentar:

Posting Komentar